Prinsip Matematika Untuk Pengusaha Ala Jusuf Hamka

Di Indonesia ini banyak tokoh bisnis yang layak dijadikan teladan. Namun ada satu tokoh yang memiliki latar kehidupan dan cerita yang unik. Beliau adalah Jusuf Hamka. Bagi yang belum mengenalnya, mari kita bahas mulai dari biografinya.

Prinsip Matematika Untuk Pengusaha Ala Jusuf Hamka

Prinsip Matematika Untuk Pengusaha Ala Jusuf Hamka
Image : Screenshoot Video Youtube Be a Billionaire ID 

Biografi Jusuf Hamka

H. Muhammad Jusuf Hamka atau akrab disapa dengan Jusuf Hamka ini merupakan seorang pengusaha sukses. Beliau bahkan memiliki julukan raja jalan tol, karena usaha yang dipimpinnya kerap mengejarkan proyek pembangunan tol dalam skala nasional. Jusuf Hamka tercatat pernah menjadi pemimpin PT Citra Marga Nusaphala Persata yang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang konstruksi bangunan.

Menilik lebih jauh lagi Jusuf Hamka rupanya seorang Muslim keturunan Tionghoa yang lahir pada Tahun 1957 lalu di kota Samarinda, Kalimantan timur. Karena terlahir dari keluarga moderat, beliau dibebaskan untuk memilih memeluk agama Islam. Tepatnya saat usianya 21 tahun di masjid Al-Azhar Jakarta disaksikan oleh ulama besar Indonesia, yaitu Buya Hamka. Nama Jusuf Hamka ini juga di berikan oleh Buya Hamka.

Perjalanan hidup Jusuf Hamka tidak bisa dikatakan mulus, dalam berbagai seminar, ia sering menceritakan pengalaman hidup susahnya di samarinda. Saat ia kecil belum ada teknologi secanggih sekarang, belum ada smartphone untuk komunikasi. Makan daging pun jarang, keluarganya sangat hidup sederhana.

Jika kebanyakan pengusaha memiliki pendidikan yang tinggi, bahkan sampai berkuliah keluar negeri. Jusuf Hamka hanya lulusan SMA dan Tidak menyelesaikan kuliahnya sampai lulus. Namun hal ini tidak membuatnya berputus asa. 

Peraduan Jusuf Hamka ke Jakarta merubah nasibnya, bahkan karena kompetensi beliau pernah ditawari menjadi duta besar, memakai seragam rapi, jas dan bekerja di luar negeri. Namun beliau tolak, karena tidak bisa bekerja formal seperti itu. Jusuf Hamka juga ingin tampil " Low Profil" dan merakyat. Lebih dekat dengan orang-orang golongan bawah dan ikut kegiatan sosial.

Matematika Usaha Ala Jusuf Hamka

Dalam sebuah video YouTube yang ditayangkan pada channel Be a Billionere ID, Jusuf Hamka memberikan nasehat untuk para audience. Seseorang harus mulai berpikir untuk menjadi enterpreneur bukan sebatas menjadi pekerja. Jika ditanya apakah bisa ? Jawabannya adalah pasti bisa. Yang membatasi segala kemungkinan itu adalah belenggu yang harus dilawan.

Jusuf hamka pun mulai mengajak audience untuk jangan menghitung 1 + 1 = 2, ini benar kalau diterapkan pada pembahasan ilmiah namun dalam dunia usaha jangan berpikiran seperti itu. Dalam bisnis banyak orang bisa memulai dengan ide yang sama, cara yang sama tapi eksekusi kembali ke individu, inilah yang menyebabkan hasil bisnis setiap orang bisa berbeda.

1 + 1 = bukanlah 2, tapi 1+1= bisa jadi 11 . Jusuf Hamka sering mengibaratkan dirinya seperti sebuah metromini dan dan dihadapkan dengan teman-temannya yang diibaratkan sebagai blue bird. Orang bilang tidak mungkin metromini bisa menang melawan blue bird. Kualitas mesinnya saja beda jauh. Namun Jusuf Hamka memiliki pemikiran yang berbeda.

Blue bird dengan segala canggihnya, mungkin lebih wah dibandingkan metromini, namun di jalanan pasti dikemudikan dengan hati-hati, tengok kanan kiri, karena pengemudinya terlalu hati-hati. Namun metromini, memaksa sopirnya untuk "Nothing To Lose" tidak berpikir kalah, alhasil jalannya penuh keberanian dan akhirnya sampai garis finis melewati si blue bird.

Prinsip matematika ala Jusuf Hamka ini sudah ia praktekan sejak lama. Manusia itu harus mau mencoba karena tidak ada yang tidak mungkin. Orang yang sukses itu adalah orang yang mampu memiliki kesiapan saat bertemu Kesempatan. Jadilah orang yang lebih siap dibandingkan orang lain.

Bisnis bisa dimulai dari mana saja, dengan modal berapapun. Bahkan hanya dengan modal Foto saja sudah bisa jadi bisnis. Terlalu banyak mikir, berteori bisa membuat momentum hilang. Jangan biarkan pikiran kita berpikir sebatas 1 + 1 hanya 2, 1 + 1 itu bisa 11, bisa jadi 12 bahkan berlipat-lipat. Jangan lupa ada andil Tuhan dalam setiap kesuksesan manusia. Rajin menjalankan perintah agama dan berdoa supaya hajad Hidup dan rezeki bisa terlimpahkan.

Sumber : YouTube/ Be a Billionere ID ( https://youtu.be/7fdLlY6Xk0g )

You might like :

0 Komentar untuk "Prinsip Matematika Untuk Pengusaha Ala Jusuf Hamka"

Ditunggu komentarnya gaess !

Widget Iklan Bawah Blog