Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Kekongruenan dan Kesebangunan Kurikulum 2013 Revisi 2018

Bab Kekongruenan dan kesebangunan merupakan Bab keempat yang ada pada buku matematika kelas 9 kurikulum 2013 semester 1 revisi 2018.

Lebih jelas mengenai kompetensi apa saja yang diharapkan dari bab ini, berikut selengkapnya.

Kalau anda membutuhkan file ini maka tinggalkan jejak email anda di komentar ya! Kami akan berusaha segera mengirimkannya ke email anda. Anda juga dapat menunggu hingga kami siapkan link downloadnya.

Baca juga : Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018



Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Bangun Ruang Sisi Lengkung Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalardalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antarbangun datar.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 3.6 

3.6.1  Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen atau tidak.
3.6.2  Menjelaskan syarat-syarat dua bangun segi banyak yang kongruen.
3.6.3  Menguji dan membuktikan  dua segitiga kongruen atau tidak.
3.6.4  Mengidentifikasi dua benda sebangun atau tidak.
3.6.5  Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua bangun segi banyak yang sebangun.
3.6.6  Menguji dan membuktikan  dua segitiga sebangun atau tidak.

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 4.6 

4.6.1   Menentukan panjang sisi atau besar sudut yang belum diketahui dari dua bangun segi banyak yang kongruen.
4.6.2    Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait penerapan konsep kekongruenan bangun datar segi banyak.
4.6.3   Menentukan panjang sisi atau besar sudut yang belum diketahui dari dua bangun  segi banyak yang sebangun.
4.6.4   Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait penerapan konsep kesebangunan bangun datar segi banyak.

Tujuan Pembelajaran

 Setelah mempelajari materi pada Bab 4 ini, siswa diharapkan dapat:

Pertemuan 1:
3.6.1  Mengidentifikasi dua benda/bangun kongruen atau tidak, jika diberikan beberapa gambar atau bangun datar.
3.6.2  Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua bangun segi banyak yang kongruen, jika diberikan gambar dua bangun segi banyak yang kongruen.

Pertemuan 2:
3.6.3   Menguji dan membuktikan  dua segitiga kongruen atau tidak, jika diberikan gambar dua segitiga kongruen beserta beberapa informasi mengenai panjang sisi atau besar sudutnya.
3.6.4  Mengidentifikasi dua benda sebangun atau tidak, jika diberikan gambar beberapa bangun segi banyak beserta beberapa informasi mengenai panjang sisi atau besar sudutnya.
3.6.5  Menjelaskan syarat-syarat/sifat-sifat dua bangun segi banyak yang sebangun, jika diberikan gambar dua bangun segi banyak yang sebangun.
3.6.6   Menguji dan membuktikan  dua segitiga sebangun atau tidak, jika diberikan gambar dua segitiga sebangun beserta beberapa informasi mengenai panjang sisi atau besar sudutnya.

Pertemuan 3:
4.6.1  Menentukan panjang sisi atau besar sudut yang belum diketahui dari dua bangun segi banyak yang kongruen, jika diberikan gambar dua bangun/lebih segi banyak kongruen beserta beberapa informasi mengenai panjang sisi atau besar sudutnya.
4.6.2 Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait penerapan konsep kekongruenan bangun datar segi banyak, jika diberikan permasalahan terkait.
4.6.3  Menentukan panjang sisi atau besar sudut yang belum diketahui dari dua bangun  segi banyak yang sebangun, jika diberikan gambar dua/lebih bangun segi banyak yang sebangun beserta beberapa informasi mengenai panjang sisi atau besar sudutnya.
4.6.4  Menyelesaikan masalah sehari-hari berdasarkan hasil pengamatan yang terkait penerapan konsep kesebangunan bangun datar segi banyak, jika diberikan permasalahan terkait.

Indikator dan tujuan pembelajaran di atas masih dapat bapak/ibu guru kembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran.

Demikian sharing tentang Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Kekongruenan dan Kesebangunan Kurikulum 2013 Revisi 2018. Bagikan jika bermanfaat.

You might like :

0 Komentar untuk "Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran Bab Kekongruenan dan Kesebangunan Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Ditunggu komentarnya gaess !

Widget Iklan Bawah Blog