Cara Membuat Rangkuman Materi SMP Buku Matematika Kurikulum 2013

Membuat Rangkuman Materi SMP Buku Matematika Kurikulum 2013

Salah satu tugas yang pernah diminta bapak/ibu guru kalian di sekolah adalah membuat rangkuman materi. Rangkuman materi bisa diambil dari Sub Bab materi, satu bab materi atau beberapa bab materi tergantung kedalaman materi yang dipelajari.

Dalam merangkum materi pada pelajaran apapun kalian harus mengambil bagian demi bagian teks yang ada di dalam buku pelajaran. Bagian materi yang diambil haruslah yang memiliki nilai lebih dari yang lain. Ambillah teks materi yang dapat menjelaskan secara baik tentang judul atau tema materi yang sedang dipelajari. Kalau ada istilah-istilah di dalamnya maka bagian ini juga perlu diambil dalam materi rangkuman kalian.

Dalam merangkum kalian hanya perlu membayangkan pertanyaan apa yang akan ditanyakan guru saat ujian. Bagian-bagian materi yang kalian ambil sebagai rangkuman kalian yakini akan keluar sebagai soal-soal di ujian. Ini merupakan cara termudah yang bisa kalian pertimbangkan dalam merangkum materi pelajaran.

Berikut adalah gambar umum dari bagian-bagian apa saja yang sebaiknya ada dalam rangkuman materi Matematika yang kamu buat.

1. Menuliskan konsep dan definisinya

Konsep bisa disebut juga dengan istilah. Pengertian dari konsep disebut sebagai definisi.

Kalau dibandingkan dengan pelajaran lain, konsep-konsep yang ada dalam pelajaran Matematika terbilang tidak banyak. Coba bandingkan dengan pelajaran ilmu pengetahuan alama (IPA) misalnya. Coba perhatikan bagian glosarium yang ada di belakang buku. Buku IPA cenderung berisi glosarium yang panjang berhalaman-halaman. Sedangkan glosarium untuk matematika tidak sampai 1 lembar buku tersebut.

Selain konsep, matematika didukung oleh simbol atau lambang. Konsep dalam matematika lebih banyak berupa simbol atau lambang. Simbol ini mendeskripsikan maksud dari suatu konsep.

2. Menuliskan contoh soal dan penyelesaiannya

Mata pelajaran Matematika agak berbeda dengan lainnya. Jika materi lainnya lebih banyak berisi rangkain teks maka matematika lebih banyak berisi rangkaian simbol-simbol saja yang terdapat dalam contoh soal.


Cara Membuat Rangkuman Materi SMP Buku Matematika Kurikulum 2013

Terkait dengan Buku Matematika kurikulum 2013 maka terdapat ciri khas dari buku ini. Buku Matematika kurikulum 2013 disusun mengikuti pendekatan pembeljaran yang diharapkan. Buku ini disusun menggunakan pendekatan scientifik yaitu ATMCP (Amati, Tanya, Menalar, Mencoba dan Projek).

Berdasarkan hal di atas maka point-point di atas sangat jelas terlihat dalam buku Matematika kurikulum 2013. Ini ditunjukkan dengan adanya tag atau label-label berikut.

  • Ayo kita amati
  • Ayo kita menanya
  • Ayo kita menggali informasi
  • Ayo kita menalar
  • Ayo kita berbagi
  • Ayo kita mengerjakan projek
  • Ayo kira merangkum


Bila melihat tabel-tabel di atas maka kamu dapat merangkum materi Matematika yang ada di buku kurikulum 2013 dengan cara mengambil bagian-bagian penting pada label 'Ayo kita amati' dan 'ayo kita menggali informasi'. Coba kamu cek kembali bahwa pada kedua label ini berisi materi-materi yang penting untuk diketahui karena berisi konsep, contoh soal dan penyelesaiannya.

Apakah kamu masih bingung dalam merangkum buku Matematika Kurikulum 2013?. Kalau iya, kamu bisa membuat daftar pertanyaan terlebih dahulu setelah membaca buku tersebut secara utuh. Misalkan buat daftar pertanyaan untuk satu bab yang akan dirangkum.

Ada cara terbaik untuk merangkum buku Matematika kurikulum 2013. Cara tersebut adalah menjawab pertanyaan yang ada pada bagian 'Ayo kita merangkum' atau 'Ayo kita simpulkan' atau label lain yang serupa dalam buku Matematika kurikulum 2013.

Pada bagian ini sudah terdapat pertanyaan yang musti dijawab. Jadi kamu tidak perlu bingung untuk membuat daftar pertanyaan. Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada bagian tersebut maka kamu sudah berhasil menyelesaikan rangkuman kamu ya.


Manfaat Merangkum Materi

Merangkum memberikan kesempatan pada kalian untuk membaca materi pelajaran dengan cermat. Selain itu ada beberapa manfaat membuat rangkuman yang diharapkan dari guru kalian. Berikut manfaatnya.
1. Meningkatkan kemampuan membaca secara cepat dan efektif.
2. Memudahkan mengingat materi pelajaran.
3. Membangkitkan daya imajinasi dan kreatifitas.

Demikian Cara Membuat Rangkuman Materi SMP Buku Matematika Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rangkuman Materi SMP Buku Matematika Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel